Cara Berhenti Merokok



Cara Berhenti Merokok [ www.BlogApaAja.com ]
Cara berhenti merokok
Merokok merupakan suatu kebiasaan yang apabila dilakukan terus menerus akan berdampak buruk pada kesehatan si perokok dan orang-orang yang ada disekitarnya. Tidak adalah faedah yang didapatkan dari kebiasaan merokok selain merusak kesehatan.

Apakah yang terjadi apabila seorang berhenti merokok?, banyak faedah yang akan didapatkan jika seorang perokok berhenti dari kebiasaan merokoknya, salah satunya adalah pencernaan bertambah baik dan jantung bekerja lebih baik tapi bukan itu saja, karena orang yang meninggalkan kebiasaan merokoknya sebenarnya telah berbuat baik baik pada dirinya sendiri dan pada orang lain yang secara tidak langsung menjadi perokok pasif.

Peringatan bahaya merokok sudah diketahui oleh para perokok karena peringatan bahaya merokok ini tertera di cover depan setiap bungkus rokok, tapi ini tidak menjadi halangan untuk para maniac rokok. Sebenarnya ada 18 racun yang berbeda di dalam sebatang rokok. Beberapa racun ini menyerang selaput-selaput halus pada saluran pernapasan sedangkan yang lainnya masuk kedalam aliran darah dan mengganggu peredaran darah yang normal. Tetapi yang paling berbahaya adalah Ter (suatu karsinogen atau zat yang menimbulkan kanker), dan nikotin.

Nikotin merupakan salah satu zat yang berbahaya yang ada dalam kandungan rokok. Sebagai racun, nikotin ini sangat berbahaya karena dapat merusak tubuh. Untunglah, kebanyakan nikotin dari rokok tereliminasi sewaktu tembakau itu di bakar, tetapi ada juga yang sempat masuk ke dalam paru-paru perokok untuk memberikan "rasa nikmat" dengan kata lain, nikotin merangsang susunan urat saraf tetapi dorongan sementara ini diikuti dengan perasaan lesu setelah jika tidak merokok sehingga perokok harus mengambil rokok kembali untuk mengatasi hal ini. Untuk itu nikotinlah yang menyebabkan ketagihan merokok.

Bagaimana Cara Berhanti Merokok ?

Berhenti merokok adalah persoalan pribadi yang harus diputuskan sendiri oleh para perokok, apakah mau berbuat kebaikan untuk dirinya sendiri dan orang lain disekitarnya atau tidak. Untuk berhenti dari kebiasaan merokok memang tidaklah mudah tapi jika ada keinginan tidak ada persoalan yang sulit.

Apakah yang harus dilakukan untuk berhenti merokok?, disini diberikan beberapa langkah-langkah yang dapat diambil untuk berhenti dari kebiasaan merokok, akan tetapi tingkat keberhasilannya tergantung dari keinginan kuat dari si perokoknya untuk mau berhenti dari kebiasaanya. Berikut tips untuk berhenti merokok :

  1. Jauhkanlah diri dari para perokok aktif. terutama selama beberapa minggu berikutnya. Ini akan mengelakkan godaan dan menguatkan keputusan anda untuk tidak mulai lagi untuk merokok.
  2. Jadilah seorang yang mengatakan tidak untuk merokok, ini mungkin akan membosankan beberapa dari rekan anda untuk sementara waktu, tetapi akhirnya anda mungkin dapat menolong mereka dan diri anda sendiri.
  3. Mandilah air hangat 2 kali setiap hari dan lakukan cara ini dengan menggunakan air pancuran untuk membuat perasaan segar dan menghilangkan perasaan lesu.
  4. Buatlah gerak badan yang cukup termasuk menarik napas dalam-dalam serta berjalan jauh di udara terbuka beberapa kali setiap hari. Ini akan membersihkan paru-paru dan memperbaiki keadaan kesehatan anda.
  5. Jagalah makanan anda. Usahakan makan banyak buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar. Ini dapat menjadi penawar yang manjur untuk racun-racun tembakau. Pada hakekatnya, jika anda banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran dari pada makanan yang lain selama beberapa minggu, anda akan segera kehilangan keinginan untuk merokok. Jika perlu makanlah sedikit-sedikit tapi lebih sering untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Ini akan membantu menenangkan urat saraf anda selama waktu tegang ini.
  6. Jangan tahan lapar lama-lama. Makanlah dengan teratur dan jangan coba mengurangi berat badan sementara anda mencoba menghilangkan kebiasaan merokok. Anda mungkin bertambah berat badan beberapa kilogram, tetapi tidak usah tentang ini. Anda dapat mengurangi berat badan dikemudian hari.
  7. Jauhilah makanan yang memiliki bumbu yang berlebihan dan minuman keras. Bumbu makanan yang berlebihan dan minuman keras dapat mendorong kembali keinginan untuk merokok dan merusak selera anda untuk makan. Makanlah makanan yang normal untuk membangun daya tahan tubuh. Hidarilah makanan yang pedas-pedas. Anda harus berhati hati dalam penggunaan garam yang berlebihan.
  8. Buanglah semua rokok anda dan semua bungkus dan bekas tembakau yang anda miliki. Godaan cita rasa dari tembakau yang ada di bekas bungkus rokok dapat menggoda anda untuk kembali merokok.
  9. Berserah diri kepada Allah SWT setiap hari setiap jam, memohon pertolongan Ilahi agar diberikan kekuatan untuk menolak bilamana anda merasakan keinginan untuk merokok.
  10. Janganlah ragu-ragu dengan keputusan anda untuk mengalahkan kebiasaan ini, karena ini lebih berharga dari pada anda dan orang yang anda sayangi harus menderita sakit dari kebiasaan merokok ini.
Demikian 10 tips berhenti merokok, tapi semua ini kembali kepada anda, apakah anda mau berhenti merokok atau tidak. Tidak adalah gunanya tips diatas jika tidak ada kemauan dari anda untuk berhenti dari kebiasaan ini.

Follow On Twitter