Unik! India Punya Pulau-pulau Yang Bergerak Sendiri!



Unik! India Punya Pulau-pulau Yang Bergerak Sendiri! [ www.BlogApaAja.com ]





Danau Loktak

di ProvinsiManipur, India, tak seperti danau lain. Di dalamnya terdapat gugusan pulaumungil berbentuk cincin. Pulau-pulau ini berubah bentuk sesuai musim, danbergerak ke berbagai arah tergantung angin!

Ada sesuatu yang unik dari

Danau Loktak

, danau terbesar di sebelah timur laut India.Hampir dua pertiga permukaan danau ini diisi pulau-pulau mungil berbentukbundar. Masyarakat India menyebutnya Phumdi, yang jadi rumah bagi berbagaispesies hewan.

Unik! India Punya Pulau-pulau Yang Bergerak Sendiri! [ www.BlogApaAja.com ]

Phumdi

tak seperti pulau mungil yang ada di danaulain. Gugusan pulau ini boleh disebut nomaden, karena bisa bergerak ke berbagaiarah di danau ini. Ukurannya juga berubah sesuai musim!

Kalau dilihat dari atas, Phumdi tampak seperti cincin. Bagiantengah danau ini memiliki permukaan lebih dalam dari bagian pinggir. Saat musimkering dan air danau surut, akar-akar tanaman di Phumdi menggapai dasar danauuntuk menyerap nutrisi. Saat musim hujan dan air meluap, akar itu terputussehingga Phumdi pun kembali mengapung.

Walaupun bersifat nomaden, bukan berarti Phumdi tak dihuni manusia.Namanya Khangpoks, Phumdi terbesar di Danau Loktak yang dihuni oleh 4.000orang. Ada pondok-pondok mungil yang membuatnya mirip seperti pemukiman diDanau Titicaca, Peru.

Unik! India Punya Pulau-pulau Yang Bergerak Sendiri! [ www.BlogApaAja.com ]

Seperti dilansir dari situs CN Traveler, Phumdi di Danau Loktak adalahsatu-satunya Taman Nasional terapung di dunia. Keberadaan Phumdi jugamenguntungkan bagi upaya konservasi spesies rusa langka (warga lokalmenyebutnya Sangai) yang hanya hidup di sekitar danau tersebut.

Sayangnya, saat ini Phumdi juga termasuk hal yang hampir punah. Proyekhidroelektrik di Danau Loktak menaikkan permukaan air danau. Phumdi pun takbisa tenggelam, akar-akar tanaman pun tak bisa mencapai dasar danau. Bagianpinggir Phumdi pun semakin menipis tiap tahun. Oleh karena itu, wisatawan yangberkunjung ke Danau Loktak pun harus menjaga lingkungan dan ekosistem di tempattersebut.


Follow On Twitter